Pengamatan bersama Teh Sari Wangi Di Sariater

Pengamatan di SariaterSuasana Pengamatan Langit Malam di Sariater

Pada tanggal 16 November 2013, tim Imah Noong diundang sebagai pemateri pada kegiatan Family Camp yang diadakan oleh Teh Sari Wangi. Kegiatan tersebut diselenggarakan di bumi perkemahan Sariater, Lembang.

Rangkaian acara pada kegiatan ini sangat menarik. Begitu datang ke tempat acara kami langsung menyiapkan peralatan untuk kegiatan malam ini. Setelah selesai persiapan, kami diundang akut acara makan malam dengan tema Barbeque. Acara makan malam berlangsung sangat hangat dan meriah. Menu yang disajikan sangat beraneka ragam dan menarik. Setelah selesai makan malam, peserta kembali ke tempat berkumpul yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Acara makan malam
Acara makan malam

Sesi pertama diisi oleh pak Hendro Setyanto, M.Si., sekali pimpinan tim Imah Noong. Di sesi pertama ini peserta dikenalkan dengan langit dan isinya. Peserta tampak sangat antusias memperhatikan pemaparan dan cerita dari pak Hendro. Pemamaran disampaikan dengan bantuan software Starry Night dan peta bintang. Kegiatan berlangsung santai dan atraktif. Banyak peserta yang aktif bertanya mengenai alam semesta ini. Sesi pertama berlangsung sekitar 30 menit lalu dilanjutkan sesi kedua, yaitu pengamatan langit.

Peserta diajak mempraktekkan cara penggunaan peta langit
Peserta diajak mempraktekkan cara penggunaan peta langit

Sesi kedua dilaksanakan di lapangan bumi perkemahan. Beberapa teleskop telah disiapkan guna pengamatan ini dengan objek pengamatan yang berbeda-beda. Pada sesi ini, peserta dipersilahkan berkeliling ke masing-masing teleskop. Asisten yang berada di masing-masing teleskop siap menjelaskan pertanyaan-pertanyaan dari para peserta. Suasana pengamatan sangat meriah. Langit sariater lumayan cerah sehingga banyak objek langit yang dapat diamati pada malam itu. Kegiatan pengamatan selesai sekitar pukul 22.00 yang kemudian dilanjutkan dengan penerbangan lampion.

Pengamatan objek langit
Pengamatan objek langit

Acara penerbangan lampion diadakan di tempat pengamatan. Para peserta berkumpul bersama keluarga masing-masing dan diberi lampion oleh panitia. Panitia memberikan arahan cara menerbangkan lampion dan peserta dipersilahkan menerbangkan lampion tersebut. Acara pada malam hari ini ditutup dengan acara penerbangan lampion.

Lampion mulai terbang
Lampion mulai terbang

Selepas acara penerbangan lampion tim Imah Noong memberesi kembali peralatan astronomi dan kemudian kembali ke kampung Areng, Lembang.

Persiapan dan pengecekan ulang peralatan pengamatan sebelum kembali ke markas
Persiapan dan pengecekan ulang peralatan pengamatan sebelum kembali ke markas

Leave a Reply